Upacara Peringatan HUT RI ke-79 di Kutai Kartanegara Berlangsung Khidmat dan Penuh Makna

Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) berlangsung dengan khidmat dan penuh makna. Upacara yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Kukar pada Sabtu (17/8/2024) i

TNews, KUKAR – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) berlangsung dengan khidmat dan penuh makna. Upacara yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Kukar pada Sabtu (17/8/2024) ini menjadi momentum penting dalam memperingati perjuangan bangsa, sekaligus memupuk rasa nasionalisme di tengah masyarakat.

Dengan tema “Nusantara Baru Indonesia Maju,” upacara dimulai dengan pembacaan naskah proklamasi oleh Ketua Sementara DPRD Kukar, Farida. Suasana semakin khusyuk saat Bupati Kukar, Edi Damansyah, memimpin prosesi mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan.

Momen puncak dari upacara ini adalah pengibaran duplikat bendera pusaka merah putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang terdiri dari pelajar-pelajar SMA terbaik di Kukar. Di bawah bimbingan Kesbangpol Kukar, para siswa ini sukses menjalankan tugas mulia tersebut, dibantu oleh pasukan 45 dari unsur TNI dan Polri yang berasal dari Batalyon Infanteri 611/Awang Long dan Polres Kukar.

Petugas pengambil bendera dari tangan Bupati Kukar Edi Damansyah adalah Vira Alfida, siswa dari SMAN 1 Marangkayu, yang dengan bangga mewakili sekolah dan keluarganya. Sementara itu, pengibar bendera adalah Muhammad Hasdam Abdillah dari SMAN 2 Tenggarong, yang dibantu oleh Guntur Zaki Permana dari SMAN 1 Muara Badak, dan Andra Julian Efendi dari SMAN 1 Muara Kaman.

Upacara ini dipimpin oleh Komandan Upacara, Kapten Kavaleri Auro Edi Zakaria, Perwira Seksi Operasi Kodim 0906 Kutai Kartanegara, dan Komandan Pasukan Paskibraka, Letnan Dua Arm Muhammad Sayfriman dari Yon Armed 18/Buritkang.

Acara ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat daerah dan tokoh penting, termasuk Wakil Bupati Kukar H Rendi Solihin, Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura H Adji Muhammad Arifin, serta anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Kehadiran mereka menambah semarak dan kekhidmatan upacara peringatan kemerdekaan ini, yang berlangsung dengan sukses dan penuh semangat kebangsaan.

Martinus Paru Liwu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *