Sekretariat DPRD Samarinda Dinobatkan sebagai OPD Terbaik Triwulan II 2024

TNEWS, SAMARINDA – Keberhasilan mencapai target realisasi anggaran pada triwulan II 2024 membuat Sekretariat DPRD Samarinda dinobatkan sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terbaik di Kota Tepian. Selain Sekretariat DPRD Samarinda, ada juga beberapa OPD yang mendapat penghargaan yang sama, yaitu Dinas Perhubungan Samarinda, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Samarinda, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Samarinda, serta Inspektorat Daerah Samarinda.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Wali Kota Samarinda, Andi Harun, dalam acara penyerahan Raport Capaian OPD di Ruang Mangkupelas, Kantor Balai Kota Samarinda, Kamis (18/7) lalu. Sekretaris DPRD Samarinda, Agus Tri Sutanto, menyampaikan bahwa tidak ada perintah khusus terkait penghargaan ini.

“Secara umum, beliau berpesan agar akselerasi kegiatan terus ditingkatkan,” ujarnya. Ditanya terkait bagaimana sekretariat DPRD berupaya dalam melakukan kerja yang baik sehingga target tercapai hingga mendapatkan penghargaan, Agus menjelaskan, “Strateginya adalah ketepatan dalam perencanaan kegiatan dan penganggarannya, baik secara kuantitatif maupun tahapan pelaksanaannya.”

Agus Tri Sutanto juga menekankan pentingnya tata kelola yang baik. “Ke depannya, saya berharap seluruh jajaran Sekretariat DPRD Samarinda dapat terus mengedepankan pengabdian pada masyarakat, tanpa harus berpikir tentang penghargaan dari atasan,” tambahnya.

Penghargaan ini didasarkan pada surat edaran Mendagri tentang Pelaksanaan APBD TA 2024 dan surat edaran Wali Kota Samarinda tentang Sinkronisasi Data dan Monev Realisasi Pekerjaan TA 2024. Target realisasi fisik dan keuangan telah ditentukan hingga triwulan II, dengan minimal 47,5% capaian.

Meskipun predikat target keseluruhan OPD masih minus 1,25%, Andi Harun menghimbau agar seluruh OPD melakukan konsolidasi internal untuk memastikan pencapaian target Perangkat Daerah sesuai standar Pemerintah Kota, baik pada realisasi fisik maupun keuangan.

“Semoga evaluasi ini dapat memperbaiki kinerja OPD dan mencapai target yang telah ditentukan,” pungkasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *