Begini Persiapan Pemprov Kaltim Jelang Perayaan HUT ke-79 RI di IKN

Sekda Kaltim, Sri Wahyuni

TNEWS, KALTIM – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) tengah mempersiapkan berbagai kebutuhan jelang perayaan HUT ke-79 Republik Indonesia yang akan diselenggarakan di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kaltim, Sri Wahyuni, mengungkapkan bahwa pihaknya turut dilibatkan dalam persiapan momen bersejarah ini.

Sri Wahyuni menyatakan bahwa tingkat keterisian atau okupansi hotel di Kota Balikpapan dan Samarinda sudah terisi penuh menjelang HUT ke-79 RI. Hotel-hotel di dua kota terdekat dengan IKN tersebut mengalami lonjakan pemesanan yang signifikan.

“Kamar hotel di Balikpapan dan Samarinda telah menerima banyak pesanan dari tamu yang ingin menyaksikan perayaan bersejarah ini. Para tamu dari luar daerah Bumi Etam juga harus memilih hotel atau rumah tamu (guest house) di wilayah Penajam, Sepaku, dan sekitarnya di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU),” ungkap Sri Wahyuni, Jumat (26/7/2024).

Menurut Sri Wahyuni, okupansi hotel di Kaltim sering kali terisi penuh setiap kali terselenggaranya acara-acara besar, terlebih event nasional yang sering diadakan di Balikpapan dan Samarinda. Oleh karena itu, pihaknya telah meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan dan Samarinda untuk mendata tempat mana saja yang bisa digunakan oleh tamu yang membutuhkan akomodasi pada 17 Agustus 2024.

“Terkait dengan akomodasi ini memang luar biasa. Saat ini pun dengan berbagai kegiatan yang berlangsung membuat hotel-hotel begitu penuh. Jadi kalau ada kegiatan yang tiba-tiba, itu pasti kesulitan untuk mendapatkan kamarnya,” ujarnya.

Sri Wahyuni menjelaskan bahwa antisipasi yang dilakukan meliputi pendataan mulai dari hotel, guest house, hingga penginapan dan asrama haji. Semua tempat tersebut akan dijadikan akomodasi bagi pihak-pihak yang berkaitan dengan penyelenggaraan HUT ke-79 RI di IKN.

Meskipun ada tantangan dalam penyediaan akomodasi, Pemprov Kaltim bersyukur karena penyelenggaraan upacara HUT ke-79 RI di IKN membawa dampak ekonomi positif bagi Bumi Etam. Hadirnya upacara 17 Agustus dan kedatangan masyarakat yang banyak memberikan dampak ekonomi signifikan.

“Ketika IKN ditetapkan oleh Presiden Jokowi (Joko Widodo), roda ekonomi dan aktivitas ekonomi di bandara serta hotel di Balikpapan mulai tumbuh dengan kegiatan survei dan kunjungan orang,” jelasnya. “Bahkan pada 2022, Ketua PHRI Pusat menyatakan Balikpapan sebagai kota dengan tingkat okupansi hotel tertinggi di Indonesia,” tambahnya.

Dengan berbagai persiapan yang matang, diharapkan perayaan HUT ke-79 RI di IKN dapat berjalan lancar dan memberikan kenangan bersejarah bagi seluruh masyarakat Indonesia. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *