Kutai Kartanegara Kucurkan APBD Rp1,5 Triliun untuk Dukung Pembangunan IKN

TNews, KUKAR – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menunjukkan komitmennya dalam mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dengan mengalokasikan anggaran sebesar Rp1,5 triliun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024. Anggaran tersebut difokuskan pada peningkatan konektivitas dan infrastruktur di wilayah tersebut.

Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, mengungkapkan bahwa anggaran jumbo tersebut dibagi antara Dinas Perhubungan dan Dinas Pekerjaan Umum. Alokasi ini bertujuan untuk membangun jalan dan jembatan yang menghubungkan Kukar dengan kawasan IKN serta daerah sekitarnya.

“Sedangkan nilai Rp1,5 triliun ini dibagi untuk dua dinas yakni Dinas Perhubungan dan Dinas Pekerjaan Umum,” kata Rendi kepada wartawan belum lama ini, Kamis (4/7/2024).

Baca juga: https://kaltim.totabuan.news/terkini/bupati-kutai-kartanegara-kunjungi-balita-stunting-di-rsud-am-parikesit/

Salah satu proyek prioritas adalah pembangunan jalan dari Desa Jonggon (Kukar) ke IKN dan Kecamatan Sepaku di Kabupaten Penajam Paser Utara. Selain itu, Pemkab Kukar juga tengah membangun Jembatan Kutai Kartanegara 2 di Kecamatan Sebulu. Jembatan sepanjang 915 meter di atas Sungai Mahakam ini diharapkan selesai dalam dua tahun dengan total anggaran Rp650 miliar, sementara untuk tahun ini telah dianggarkan Rp200 miliar.

Proyek infrastruktur ini tidak hanya ditujukan untuk mendukung IKN tetapi juga untuk mempercepat perputaran ekonomi dan menunjang transportasi berkelanjutan di Kukar. “Ini diharapkan bisa mempercepat perputaran ekonomi sekaligus menunjang transportasi yang berkelanjutan di Kukar,” jelas Rendi.

Lebih lanjut, Rendi menjelaskan bahwa Pemkab Kukar akan menandatangani Kesepakatan Bersama Kawasan Aglomerasi Mitra IKN dengan Otorita IKN. Kesepakatan ini diharapkan dapat mengintegrasikan kawasan yang saling beririsan dari sisi perhubungan.

Dengan visi “Mewujudkan Masyarakat Kukar Sejahtera dan Berbahagia,” Pemkab Kukar fokus pada peningkatan kualitas layanan infrastruktur dasar dan konektivitas antarwilayah. Visi dan misi ini diimplementasikan melalui Program Dedikasi Kukar Idaman yang mencakup sektor infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Dengan Program Dedikasi Kukar Idaman, kami berharap dapat mewujudkan masyarakat Kukar yang sejahtera dan berbahagia melalui pembangunan infrastruktur yang baik dan berkelanjutan,” tandas Rendi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *